Kamis, 09 September 2021

Belanja Online Aman dan Terpercaya

Tema : Pengalaman Belanja Online

Oleh : Mayske Ellora Anggraeni



 

Penulis berbagi kisah kepada teman-teman yang ragu untuk belanja online. Belanja online memang memudahkan kita, jadi tidak perlu lagi datang ke outlet atau toko-toko yang menjual barang kita inginkan namun jauh. Ongkos kirim yang lumayan, membuat kita memikir dua kali lipat dan lebih mencari barang yang ada saja di dekat tempat tinggal. Namun, kelemahan belanja online jika sewaktu-waktu barang sampai tidak sesuai ekspetasi membuat kecewa terhadap kita, karena kita sebagai custommer berpikir untuk tidak belanja online lagi. Penulis berbagi tips ke kalian bagaimana belanja online aman dan terpercaya, sebagai berikut :

1.  1.   Pastikan kamu mempunyai aplikasi belanja online yang terpercaya. Toko tersebut terpantau oleh pihak lain, misalkan seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak, JD.Id, Blibli dan banyak lagi yang bisa kalian unduh di appstore atau playstore.


seperti gambar diatas beberapa app terpercaya

2.    2. Sebelum memesan biasanya liat testi (bagi ada yang terjual lebih dari 10 barang), pastinya ada testi yang dimana ciri-ciri barang tersebut, dan bila ragu cari barang yang kalian inginkan di pencarian aplikasi tersebut dan banyak toko-toko yang menjualkan barang tersebut. 





    3. Pernah testimonial dikit, awalnya penulis ragu dengan kualitas bahan. Bagaimana caranya agar kita tidak salah memesan barang tersebut. Penulis melakukan chatroom yang biasa tersedia diaplikasi, seperti “barang apakah ready?”, “pengiriman berapa lama:, dll sebagainya. Alhamdulillah barang tersebut kualitasnya bagus banget, kalau dipakai ringan gak terlalu berat bahannya, dan lumayan adem.

4.     4. Pernah juga penulis mendapatkan toko pengiriman dari luar, namun barang yang dipesan malah tidak ada dan membuat kapok. Lalu penulis chat dan untungnya di aplikasi Shopee (karena, penulis menggunakan app ini selama berbelanja, dan belum mencoba yang lain), ada klik pengajuan dan kita bisa tulis barang yang didapat itu tidak lengkap, lalu toko tersebut acc pengajuan, syukur banget duit kembali. Kalau dapat barang cacat tetap tulis juga, dan biasanya bisa diganti barang baru oleh tokonya, atau bahkan uang kembali.

5.   5. Tetapi, kita tetap menuliskan pendapat ya di toko tersebut, bukan untuk menjelekkan banget nama toko. Barang dijual bukan barang yang rata-rata jelek dan masih ada bagusnya, tapi karena terdapat barang yang kurang bagus jadi tetap nulis pendapat kalian ya untuk mengingatkan teman-teman yang berbelanja agar berhati-hati karena tidak cuman satu orang mengeluhkan pendapat, masih banyak lagi ada yang positif dan negatif. Jika, menemukan testi negatif maka kita harus berhati-hati untuk membeli barang tersebut.

6.   6. Testimonial dari teman-teman yang sudah pernah beli sangat perlu bagi kita, karena kita tidak tau barang yang didapatkan apakah bagus atau tidak. Rata-rata mengharapkan barang yang didapatkan aman dan bagus banget. Namun, tetap baca testinya ya teman-teman jika ingin membeli.

7.     7. Barang yang berupa kosmetik, makanan, pangan, dan lain-lain perlu banget nih dipertanyakan, kapan masa berakhirnya. Kalian chat tokonya, biasanya tersedia forum diskusi dengan toko untuk menanyakan masa berakhirnya. Disamping itu kualitasnya bagaimana, dan apakah bisa dikirimkan didaerah kalian juga. Misalkan membeli sayur dan buah masa berakhir diperkirakan 4 hari, kalau pengiriman cuma didaerah kalian artinya sesame kota tidak khawatir banget karena bisa 1 hari sampai. Namun, tetap tanya-tanya terus ya toko tersebut. Kalau luar daerah bagaimana, caranya kalian chat pengiriman keluar daerah apakah bisa atau tidak. Jika bisa, berarti kalian harus bertanya aktif lagi bagaimana proses pengiriman makanan tersebut. Seperti, ada pengawet makanan, atau memang disediakan semacam es atau bagaimana.


contoh chatroom saja

8.  8. Barang pakaian juga perlu ditanya-tanya kualitasnya, apakah bahannya dengan kain apa nyaman dipakai. Ukuran tersedia berapa saja. Terkadang toko ada yang memuat ukuran S-XXL atau LD 95-119 atau semacamnya, tanpa kita bisa memilih ukuran seperti S L M XL dan XXL. Maka dari itu, biasanya kalau di Shopee ada pesan untuk toko tersebut dan bilang bahwa ukuran yang kita inginkan.


9. 9. Ongkos kirim, kalau kita punya aplikasinya banyak penawaran ongkos kirim, bahkan gratis tidak dipungut biaya apapun. Koleksi sebanyak-banyaknya voucher, biasanya ada ikon untuk voucher dan jangan lupa di klaim. 



    Untuk pengiriman setiap daerah beda-beda. Terkadang harga ongkos kirim bisa mahal dari biasanya, karena toko tersebut berada ditempat yang sangat jauh. Tips lain, bila kalian menginginkan barang gratis kasih filter untuk daerah yang kita mau di pencarian. Jika tidak ada, terpaksa menggunakan toko yang sangat jauh.



1010. Kalau kalian mau beli di Instagram atau bahkan pengguna sosmed lainnya usahakan lihat pengguna akun, biasanya kalau kalian tau cara mengetahui berapa kali akun itu diganti bisa jadi penipuan, terkadang followers ribuan atau bahkan likers jutaan, namun ketika kalian mau beli malah ketipu. Usahakan berhati-hati ya, selain itu jika dimita kode rekening atau sebagainya (bagi penjual maupun pelanggan) jangan mau dikasihkan. Testimonial terkadang bisa diambil dari akun asli pemilik toko, biasanya kalau harga murah banget tidak sesuai pasaran itu kemungkinan bisa jadi penipuan, misalkan setiap hari sampai tahun berikutnya dia jual Rp1.000,00 namun harga pasaran rata-rata Rp10.000,00 dan ini tidak ada time diskon dan sebagainya.

1111. Tapi, ada juga yang memang barang yang didapatkan bagus gak semua jelek. Jadi, kita sebagai custommer harus bisa smart lagi ya.

1212. Selamat berbelanja.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar